TnC

 

SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNAAN CIMB NIAGA API PORTAL

Terima kasih telah mengunjungi CIMB Niaga API Portal (“API Portal”), dengan mengunjungi website ini dan melakukan centang terhadap tick mark atas Syarat dan Ketentuan Penggunaan CIMB Niaga API Portal pada saat registrasi dalam website API Portal berarti bahwa Pengguna menyetujui Syarat dan Ketentuan Penggunaan CIMB Niaga API Portal yang tercantum dalam halaman ini (selanjutnya disebut sebagai “Syarat dan Ketentuan Penggunaan”).

PT Bank CIMB Niaga Tbk (“CIMB Niaga”) memiliki hak untuk merubah Syarat dan Ketentuan Penggunaan. Dalam hal terjadi perubahan Syarat dan Ketentuan Penggunaan, maka sebelum perubahan tersebut diberlakukan, CIMB Niaga akan menyampaikan perubahan tersebut melalui media pemberian informasi/pengumuman yang lazim digunakan CIMB Niaga untuk keperluan tersebut, dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

 

 A.  TERMINOLOGI

    1. API (Application Programming Interface) adalah messaging yang dibuat di dalam API Portal.
    2. API Portal adalah halaman web yang diakses oleh pihak ketiga untuk mendapatkan API Key dan dokumentasi terkait API yang akan diakses.
    3. CIMB Niaga adalah PT Bank CIMB Niaga, Tbk yang berdomisili di Jakarta Selatan dan mewakili kantor pusat dan kantor cabang.
    4. Pengguna adalah developer/perwakilan dari Pihak Ketiga yang berperan sebagai pelaksana untuk menghubungkan sistem CIMB Niaga dengan sistem milik Pihak yang akan bekerjasama.
    5. Pihak Ketiga adalah pihak penyedia aplikasi/website/platform yang tertarik untuk menggunakan layanan API CIMB Niaga
    6. Sandbox adalah environment yang disediakan untuk Pihak Ketiga agar dapat mencoba API yang dipilih dengan menggunakan data dummy baik response maupun request.
    7. Production adalah environment production yang dapat diakses untuk Pihak Ketiga agar dapat melihat informasi produk API yang digunakan pada environment tersebut oleh Pihak Ketiga beserta statistik penggunaan setelah produk diluncurkan (Live)

 

 B.  KETENTUAN MENGENAI AKSES DAN PENGGUNAAN API PORTAL CIMB NIAGA

    1. Pengguna wajib mengikuti seluruh pedoman terkait dengan penggunaan API Portal CIMB Niaga.
    2. Pengguna dilarang dalam bentuk apapun menyalahgunakan identitas orang lain maupun badan hukum lain yang bukan milik Pengguna sendiri.
    3. Pengguna dilarang mengirim, mendistribusi atau melakukan upload atas data ataupun materi yang mengandung atau mungkin mengandung virus, malware ataupun kode programming yang bersifat merusak atau komponen apapun lainnya yang membahayakan dan dapat menggangu atau merusak komputer atau peralatan milik Pengguna lainnya.
    4. Pengguna dilarang melakukan posting, promosi ataupun mengirim materi di CIMB Niaga API Portal yang memiliki dan mengandung sifat melecehkan, vulgar, berisi fitnah, mengandung kebencian, mengancam, SARA dan/atau hal-hal lainnya yang tidak profesional, tidak pantas dan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    5. Pengguna dilarang mempromosikan atau memfasilitasi materi atau kegiatan apapun yang berdasarkan penilaian CIMB Niaga tidak pantas atau dapat mengakibatkan pencemaran nama baik termasuk namun tidak terbatas seperti perjudian, pornografi, kejahatan, kekejaman, dan kekerasan.

 

 C.  HUKUM DAN PERATURAN YANG BERLAKU

    1. Pengguna wajib mematuhi seluruh ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia dan Syarat dan Ketentuan Penggunaan saat menggunakan CIMB Niaga API Portal.
    2. Pengguna tidak diperkenankan untuk menggunakan CIMB Niaga API Portal untuk memfasilitasi atau mempromosikan kegiatan yang ilegal atau melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

 

 D.  SANDBOX

    1. Pengguna hanya diperbolehkan untuk menggunakan CIMB Niaga API Sandbox sesuai dokumentasi yang diberikan dan bentuk dokumen berupa Json Message yang berisi field-field yang tersedia dalam layanan CIMB Niaga API Portal. CIMB Niaga memiliki hak untuk merubah atau menghapus data sandbox dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku
    2. Pengguna menggunakan CIMB Niaga API Sandbox hanya untuk tujuan simulasi menggunakan dummy data (data uji-coba)
    3. Hanya dummy data (data uji-coba) dan non-personal data (data yang tidak bersifat personal atau sensitive) yang bisa digunakan di CIMB Niaga API Sandbox

 

 E.  PRODUCTION

    1. Pengguna hanya dapat mengakses fitur Production di CIMB Niaga API Portal apabila produk API Portal yang hendak digunakan Pengguna sudah dilakukan testing dan memenuhi standard CIMB Niaga dan pindah ke lingkungan Production sesuai dengan kebijakan yang berlaku di CIMB Niaga.
    2. Melalui fitur Production, Pengguna dapat melihat daftar dari produk API yang dipakai oleh Pengguna, detil dokumentasi, dan dashboard analytic untuk tujuan sebagai informasi dan laporan dari produk API yang dipakai oleh Pengguna

 

 F.  MATERI PENGGUNA

    1. CIMB Niaga dalam bentuk apapun tidak mendukung dan tidak akan bertanggung jawab atas materi dalam bentuk apapun yang dikomunikasikan oleh Pengguna melalui CIMB Niaga API Portal. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Pengguna mengerti dan bertanggung jawab penuh atas seluruh materi tersebut.
    2. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa seluruh materi yang di submit dalam CIMB Niaga API Portal adalah sepenuhnya milik Pengguna dan tanggung jawab Pengguna. Pengguna menyatakan bahwa materi tersebut tidak dan tidak akan melanggar hak milik intelektual atau hak pihak ketiga lainnya dalam bentuk apapun.
    3. Dengan ini, Pengguna memberikan CIMB Niaga hak non-eksklusif, bebas dari royalti, dan izin yang tidak dapat ditarik kembali atas host, transmit, distribusi atau penggunaan materi yang terkait dengan penggunaan API atau tujuan lainnya sesuai instruksi Pengguna.

 

 G.  NO LINKING

    1. Pengguna tidak diperkenankan tanpa izin tertulis dari CIMB Niaga, untuk memasukkan hyperlink atau mendirikan frames untuk CIMB Niaga API portal (termasuk namun tidak terbatas pada webpages, gambar, video, audio, teks atau kode) di website atau server lain.

 

 H.  LISENSI DAN SYARAT PUBLISH API

    1. Layanan API yang diakses atau digunakan dalam live environment akan tunduk pada syarat dan ketentuan serta dokumentasi yang akan diatur dalam perjanjian kerjasama antara CIMB Niaga dan pengguna layanan API tersebut. Untuk informasi lebih lanjut mohon menghubungi tim CIMB Niaga di api@cimbniaga.co.id.

 

 I.  DISCLAIMERS

    1. CIMB Niaga tidak bertanggung jawab dan tidak memberikan jaminan dalam bentuk apapun untuk kesalahan atau keterlambatan dalam layanan API, CIMB Niaga API portal atau informasi dan/atau data di dalam CIMB Niaga API Portal. Pengguna setuju bahwa pada saat menggunakan layanan API, CIMB Niaga API Portal atau data dari CIMB Niaga penggunaan tersebut adalah atas kebijaksanaan dan keputusan Pengguna sendiri dan Pengguna akan menerima seluruh risiko yang timbul dalam bentuk apapun. Pengguna juga memiliki tanggung jawab atas kerusakan yang timbul dari penggunaan API servis, CIMB Niaga API Portal dan/atau data yang digunakan oleh Pengguna.
    2. CIMB Niaga tidak bertanggung jawab dan tidak memberikan jaminan dalam bentuk apapun apabila terdapat materi dalam CIMB Niaga API Portal yang memiliki sifat melecehkan, vulgar, berisi fitnah, mengandung kebencian, mengancam, SARA dan/atau hal-hal lainnya yang tidak profesional, tidak pantas dan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
    3. CIMB Niaga tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun atas kerugian, hilangnya keuntungan dan/atau kehilangan data baik secara langsung maupun tidak langsung akibat pengunaan layanan CIMB Niaga API Portal.
    4. CIMB Niaga termasuk seluruh karyawan, konsultan dan/atau agen CIMB Niaga dibebaskan dari seluruh kewajiban, kerusakan, kerugian, biaya yang mungkin timbul dari penggunaan layanan CIMB Niaga API Portal.
    5. CIMB Niaga tidak akan memberikan jaminan dalam bentuk apapun atas kemanan dan akurasi informasi yang dikirim dan/ataupun diterima saat menggunakan layanan CIMB Niaga API Portal.

 

 J.  PENGAKHIRAN AKSES ATAU LAYANAN CIMB NIAGA API PORTAL

    1. CIMB Niaga memiliki hak penuh untuk mengakhiri akses atau penggunaan layanan API portal Pengguna apabila Pengguna sudah tidak menggunakan produk API CIMB Niaga, atau sudah tidak aktif selama 3 bulan, dalam jangka waktu paling lambat 7 hari kerja setelah notifikasi diberikan ke Pengguna
    2. CIMB Niaga memiliki hak untuk mengakhiri akses atau penggunaan layanan API portal secara langsung dan akan memberikan notifikasi ke Pengguna, apabila Pengguna melanggar Syarat dan Ketentuan ini dan/atau  hukum yang berlaku.
    3. CIMB Niaga tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang timbul akibatpengakhiranakses atau layanan API Portal yang dilakukan CIMB Niaga sesuai dengan syarat dan ketentuan Penggunaan CIMB Niaga API Portal ini